Peneliti Harvard Temukan Fosil Vertebrata Berbadan Lunak Langka di Cekungan Amerika

Indonesains.id - Penemuan fosil vertebrata bertubuh lunak baru-baru ini di wilayah Cekungan Besar Amerika meningkatkan pengetahuan kita tentang evolusi vertebrata.

Ilmuwan Harvard menemukan spesies chordata baru, Nuucichthys rhynchocephalus, di Cekungan Besar Amerika, yang menawarkan wawasan langka tentang evolusi awal vertebrata dan transisi morfologisnya dari invertebrata.

Catatan fosil Kambrium menunjukkan bahwa sebagian besar filum hewan telah terdiversifikasi dan menghuni lautan Bumi sekitar 518 juta tahun yang lalu. Namun, meskipun menjadi bagian dari diversifikasi awal ini, chordata—kelompok yang mencakup vertebrata seperti manusia—relatif jarang ditemukan dalam fosil dari lebih dari 50 situs Kambrium di seluruh dunia.

Nuucichthys rhynchocephalus, kordata Kambrium yang baru ditemukan, memberikan wawasan berharga tentang evolusi vertebrata awal. Karakteristiknya yang unik menyoroti transisi dari invertebrata ke vertebrata. (Kredit: Franz Anthony)

Dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan di jurnal Royal Society Open Science, ilmuwan peneliti Harvard Rudy Lerosey-Aubril dan profesor madya Javier Ortega-Hernández menyajikan temuan mengejutkan mereka tentang spesies chordata baru, dan vertebrata bertubuh lunak pertama yang ditemukan di Formasi Drumian Marjum di Cekungan Besar Amerika.

Fosil baru ini merupakan bagian dari koleksi fosil berbadan lunak Kambrium yang disimpan di Museum Sejarah Alam Utah, kolaborator jangka panjang dengan para peneliti di Harvard.

Pentingnya Nuucichthys rhynchocephalus

Penemuan spesies baru ini, yang dijuluki Nuucichthys rhynchocephalus, merupakan kontribusi berharga bagi evolusi vertebrata awal dan keanekaragaman hayati karena minimnya jenis organisme ini di situs fosil Kambrium—termasuk Cina Selatan, Amerika Serikat Timur Laut, dan British Columbia.

Nuucichthys juga merupakan salah satu dari empat spesies yang mendokumentasikan tahap evolusi awal garis keturunan vertebrata dan, dengan demikian, merupakan salah satu kerabat tertua manusia.