Tue. Nov 17th, 2020

Ilmuwan Temukan Solusi Keren Menjajah Mars Dalam Lima Tahun

Misi berawak manusia ke Mars telah menjadi cita-cita banyak ilmuwan sejak abad ke-19. Sekarang, semua pihak mulai menulis proposal untuk secara permanen menetap dan menjajah planet ini, dengan demikian manusia juga akan memanfaatkan bulan-bulannya – Phobos dan Deimos. Namun, salah satu masalah terbesar yang dihadapi NASA selama bertahun-tahun adalah biaya yang tidak murah.

NASA has spent millions researching the mission

Diperkirakan harga pengiriman manusia ke Mars sekitar £ 385 miliar, bahan bakar menyumbang biaya termahal dalam operasi itu.

Para ilmuwan perlu merencanakan dua hingga tiga tahun hanya untuk misi keberangkatan ke Mars, belum untuk rencana kembalinya.

Namun, ilmuwan komputer Erika Debenedictis mungkin telah menemukan solusi sederhana, hal itu terungkap saat podcast TED Talks.

Erika Debenedictis

Dia mengatakan pada 2013: “Dengan menggunakan gravitas planet Jupiter yang kuat, kita bisa memanfaatkannya untuk menarik pesawat kita ke planet Mars tanpa perlu memberikan dorongan roket yang lebih banyak.”

Namun ada kelemahan dari rencana ini.

“Di orbit Bumi yang Lebih Rendah ke Bulan, itu akan menghemat 20 persen bahan bakar, tetapi akan memakan waktu 200 hari, bukannya empat atau lima.”

“Dalam Orbit Bumi Rendah ke Orbit Bumi Tinggi, cara itu akan menghemat hampir 90 persen tetapi akan memakan waktu 3,5 tahun, bukan empat hari.”

Jupiter could hold the key

“Tapi itu tidak berarti cara itu tidak berguna dan kita masih bisa menyelesaikan masalah bahan bakar kita.”

Lulusan Institut Teknologi California mengungkapkan rencana besarnya untuk mendaratkan manusia di Mars dalam waktu lima tahun.

Referensi :
Hoare, C. (2019, February 23). Mars BOMBSHELL: How scientist ‘found cheap solution to COLONISE Red Planet in FIVE YEARS? Retrieved from www.express.co.uk/news/science/1090935/mars-bombshell-scientist-cheap-solution-colonise-red-planet-spt