Sun. Nov 1st, 2020

Waspada, Kondisi ‘Burn-out’ Bisa Menjadi Hal Serius Bagi Kesehatan Anda

burnout

Referensi Pihak Ketiga

Jika Anda dapat mengaitkannya dengan istilah “burnout“, kemungkinan Anda sudah mengalaminya sampai tingkat tertentu. Burnout biasanya melibatkan perasaan kewalahan, kelelahan, dan sangat ingin istirahat yang panjang dan menyenangkan sehingga Anda dapat memulihkan tenaga. Banyak dari kita merasakan hal ini setiap hari ketika kita mencoba menyulap tanggung jawab pekerjaan, keluarga, sosial, dan lainnya.

Referensi Pihak Ketiga

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini memvalidasi keseriusan burnout dengan menambahkan definisi pembaruan “burn-out” ke dalam revisi ke 11 dari Klasifikasi Penyakit Internasional (ICD-11 / International Classification of Diseases 11). Ini adalah langkah penting dalam mengenali dan menemukan cara untuk memerangi suatu kondisi yang menjadi lebih umum.

Klasifikasi Terbaru WHO

Klasifikasi Penyakit Internasional digunakan oleh rumah sakit di seluruh dunia untuk memastikan kondisi medis didokumentasikan secara konsisten. Dengan menambahkan definisi burnout yang diperluas, penyedia layanan kesehatan sekarang dapat mendokumentasikan dan mengumpulkan statistik tentang sindrom ini dengan lebih akurat.

WHO menunjukkan bahwa “burn-out” diklasifikasikan sebagai fenomena pekerjaan, bukan kondisi medis yang sebenarnya. Tetapi definisi mereka yang ditingkatkan tentang fenomena ini memberikan kredibilitas yang lebih besar kepada mereka yang menderita kelelahan. Itu termasuk dalam bagian ICD-11 “Masalah yang terkait dengan pekerjaan atau pengangguran”.

Definisi baru WHO adalah sebagai berikut:

“Burn-out adalah sindrom yang dikonseptualisasikan sebagai akibat dari stres kronis di tempat kerja yang belum berhasil dikelola. Ini ditandai oleh tiga dimensi:
1) perasaan menipis atau kelelahan energi;
2) peningkatan jarak mental dari pekerjaan seseorang, atau perasaan negativisme atau sinisme yang terkait dengan pekerjaan seseorang; dan
3) mengurangi potensi profesional. ”

Mengapa Kita Terkena ‘Burn-Out’?

Jawaban atas pertanyaan itu kemungkinan akan berbeda untuk kita masing-masing. Situasi hidup setiap orang adalah unik, tetapi kelelahan sering kali muncul ketika Anda merasa harus menangani terlalu banyak sekaligus. Definisi baru WHO terbatas pada kelelahan yang berkaitan dengan pekerjaan, tetapi pekerjaan dan kehidupan pribadi kita saling terkait.

Memang benar beberapa pekerjaan lebih menguras daripada yang lain. Sebagai contoh, WHO telah mengidentifikasi bahwa petugas kesehatan memiliki risiko yang sangat tinggi untuk kelelahan terkait pekerjaan. Dalam studi sebelumnya, WHO menemukan bahwa 96 persen pekerja kesehatan mental di rumah sakit jiwa Iran mengalami beberapa tingkat kelelahan. Dan setengah dari seluruh pekerja menderita tingkat pemadaman kerja yang tinggi.

Mungkin sama pentingnya, penelitian ini menemukan bahwa kelelahan jelas mempengaruhi aspek lain dari kehidupan pekerja, termasuk kesehatan, pekerjaan dan urusan sosial mereka. Ini menunjukkan bagaimana kelelahan terkait pekerjaan. Stres di tempat kerja dapat memengaruhi area lain kehidupan Anda, tetapi keluarga atau stres pribadi lainnya juga dapat dengan mudah memengaruhi pekerjaan Anda.

Mungkin kelelahan disebabkan oleh mengambil terlalu banyak hal dalam hidup kita. Ini mungkin juga disebabkan oleh meningkatnya isolasi sosial kita dan kurangnya sistem pendukung untuk membantu kita melewati masa-masa sulit. Alasan di balik meningkatnya depresi dan kegelisahan mungkin juga berperan. Apa pun keadaan individu yang memicu perasaan kelelahan Anda, ingatlah bahwa ada cara untuk menemukan ruang dalam hidup Anda lagi.

Lantas, apa yang dapat Anda lakukan untuk menghentikannya?

Mempertimbangkan bahwa kelelahan seringkali merupakan akibat dari kelebihan beban dalam hidup, kunci untuk menghentikan kelelahan adalah dengan menemukan cara untuk menyederhanakan hidup Anda dan menetapkan batas-batas yang sehat untuk apa yang akan dan tidak akan Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa saran yang dapat Anda ikuti:

  • Ketika Anda diminta untuk melakukan sesuatu, jadikan “tidak” sebagai jawaban default Anda. Cukup Anda ambil pekerjaan baru atau tugas pribadi setelah pertimbangan yang cermat.
  • Berlatih melambat. Ini mungkin tidak sesuai di tempat kerja, tetapi di sisa hidup Anda dapat mencoba untuk makan, berjalan, mengemudi, dan melakukan tugas-tugas lain dengan kecepatan yang lebih lambat dan dengan perhatian yang lebih besar.
  • Mintalah bantuan saat Anda berjuang. Anda tidak perlu melakukan semuanya sendiri, teman, keluarga, dan rekan kerja sering kali senang membantu.
  • Jika Anda tidak memiliki sistem pendukung yang kuat, cobalah mengolahnya. Bergabunglah dengan sekelompok orang yang berpikiran sama, suka rela, atau membantu tetangga.
  • Pastikan Anda makan, berolahraga, dan tidur nyenyak. Anda mungkin merasa seperti tidak punya waktu, tetapi perubahan gaya hidup sehat seperti ini terbukti membantu Anda mengatasi stres dengan lebih efektif, bahkan ketika sisa hidup Anda tidak berubah.
  • Jika Anda khawatir bahwa kelelahan berdampak negatif terhadap hidup Anda, bicarakan dengan dokter Anda tentang hal itu. Mereka dapat merekomendasikan perawatan potensial yang mungkin juga membantu.

Nah, apakah saran diatas bisa Anda lakukan? Jika iya, lakukan sekarang juga!

——–

Sumber: https://www.care2.com/greenliving/its-time-to-take-burnout-seriously.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *