Wed. Aug 12th, 2020

Meski Sudah Puluhan Ribu Tahun, Kerangka Neanderthal Ini Masih Tersusun Seperti Aslinya

Kerangka Neanderthal

Tulang rusuk Shanidar Z (Referensi pihak ketiga)

Palaeontolog telah mengungkapkan penemuan salah satu kerangka Neanderthal paling signifikan dalam satu dekade terakhir. Ditemukan di dalam Gua Shanidar Irak, sisa-sisa itu telah dideskripsikan sebagai kerangka yang ‘diartikulasikan’ yaitu tulang-tulang yang ditemukan tersebut masih tersusun dalam posisi aslinya daripada tersebar di sekitar.

Shanidar telah lama menjadi situs penting untuk penemuan-penemuan Neanderthal dengan sisa sebagian dari sepuluh orang digali di sana selama tahun 1950-an dan 1960-an.

Pada saat itu, posisi mayat, ditambah dengan penemuan rumpun serbuk sari, membuat para ahli menyimpulkan bahwa Neanderthal mungkin telah menguburkan mayat mereka dengan bunga. Kerangka baru – yang berasal dari 70.000 tahun – tidak kurang signifikan.

Kerangka Neanderthal
Tengkorak Shanidar Z ditemukan telah dihancurkan. (Referensi pihak ketiga)

“Begitu banyak penelitian tentang bagaimana Neanderthal merawat mayat mereka harus melibatkan penemuan kembali dari 60 atau bahkan seratus tahun yang lalu, ketika teknik arkeologi lebih terbatas, dan itu hanya membuat Anda sejauh ini,” kata Dr Emma Pomeroy dari University of Cambridge.

Pintu Masuk Gua Shanidar
Pintu Masuk Gua Shanidar. (Referensi pihak ketiga)

“Untuk memiliki bukti utama kualitas seperti itu dari situs Neanderthal yang terkenal ini akan memungkinkan kita menggunakan teknologi modern untuk mengeksplorasi segala sesuatu dari DNA purba untuk menjawab pertanyaan lama tentang cara kematian Neanderthal, dan apakah mereka mirip dengan kita sendiri.”

Sumber: www.bbc.com/news/science-environment-51532781