Thu. Nov 19th, 2020

Ilmuwan Menciptakan Emas Tertipis di Dunia

Emas tertipis di dunia (Foto: alithia.gr)

Para ilmuwan di Universitas Leeds telah menciptakan bentuk emas baru yang tebalnya hanya dua atom, menjadikannya sebagai emas tertipis yang pernah dibuat manusia hingga saat ini. Berdasarkan hasil pengukuran para peneliti, ketebalan emas tersebut hanya 0,47 nanometer atau satu juta kali lebih tipis dari kuku jari manusia. Materi tersebut bahkan hanya dianggap sebagai 2 Dimensi (2D) karena hanya terdiri dari dua lapisan atom yang saling bertumpukan.

Temuan tersebut, dapat menjadikan bahan tersebut dapat memiliki aplikasi berskala luas dalam industri perangkat medis dan elektronik, dan juga sebagai katalis untuk mempercepat reaksi kimia dalam berbagai proses industri. Tes laboratorium juga menunjukkan bahwa emas ultra-tipis itu 10 kali lebih efisien sebagai substrat katalitik daripada nanopartikel emas yang saat ini digunakan yang masih memiliki bentyk 3D.

Para ilmuwan percaya, bahan baru itu juga dapat membentuk dasar enzim buatan yang dapat diterapkan dalam tes diagnostik medis yang cepat dan di tempat perawatan serta dalam sistem pemurnian air. Rincian penemuan emas ultra tipis telah berhasil disintesis tersebut telah diterbitkan dalam jurnal Advanced Science secara daring di laman onlinelibrary.wiley.com.

Senyawa unsur Emas (Foto: istockphoto.com)

Dr. Sunjie Ye, peneliti utama yang berasal dari Kelompok Fisika Molekuler dan Nanoscale Leeds dan Institut Penelitian Medis Leeds, mengatakan bahwa penemuan tersebut adalah pencapaian penting.

“Tidak hanya itu membuka kemungkinan bahwa emas dapat digunakan lebih efisien dalam teknologi yang ada, itu juga menyediakan rute yang akan memungkinkan para ilmuwan material untuk mengembangkan logam 2D ??lainnya. Metode ini bisa berinovasi dalam pembuatan bahan nano,” katanya dalam laporan resmi penelitian di laman www.leeds.ac.uk.

Tim peneliti sedang mencari cara untuk bekerja dengan industri dalam cara meningkatkan proses. Sintesis nanosheet emas berlangsung dalam larutan air dan dimulai dengan asam kloroaurat, zat anorganik yang mengandung emas yang kemudian direduksi menjadi bentuk logam di hadapan ‘zat pengungkung’ – bahan kimia yang mendorong emas untuk membentuk lembaran, hanya setebal dua atom.

Mineral emas (Foto: thevaultzmag.com)

Karena dimensi skala nano emas, ia tampak hijau dalam air – dan diberi bentuknya, para peneliti menggambarkannya sebagai emas nanoseaweed. Gambar yang diambil dari mikroskop elektron mengungkapkan cara atom emas terbentuk menjadi kisi yang sangat terorganisir. Gambar lain menunjukkan nanoseaweed emas yang telah berwarna artifisial.

Profesor Stephen Evans, kepala Kelompok Penelitian Molekuler dan Nanoscale Leeds yang mengawasi penelitian, mengatakan keuntungan besar yang bisa dicapai dari penggunaan lembaran emas ultra-tipis ini adalah rasio luas permukaan-ke volume tinggi.

“Emas adalah katalis yang sangat efektif. Karena nanosheets sangat tipis, hampir setiap atom emas berperan dalam katalisis. Ini berarti prosesnya sangat efisien,” katanya.

Selain itu, tes benchmark standar mengungkapkan bahwa lembaran nano emas sepuluh kali lebih efisien daripada nanopartikel emas yang digunakan secara konvensional dalam industri. Tes benchmark serupa mengungkapkan bahwa lembaran emas dapat bertindak sebagai enzim buatan yang sangat efektif.