Wed. Aug 12th, 2020

Ilustrasi Air di Bumi (Foto: www.smithsonianmag.com)

Semua orang setuju bahwa planet biru kita kaya air. Namun, kondisi tersebut ternyata berbeda planet berbatu lainnya yang benar-benar kekurangan air permukaan. Dan dengan gagasan dampak raksasa antara proto-Bumi dan embrio planet seukuran Mars yang menciptakan Bulan. Peristiwa bencana seperti itu seharusnya menguapkan air yang sudah ada sebelumnya, dan sangat memungkinkan menciptakan Bumi yang kering, tapi nyatanya tidak demikian.

Kita memiliki dua opsi untuk menjelaskan keberadaan air di Bumi, air muncul kembali kemudian setelah terbentuknya Bumi, terutama oleh asteroid yang kaya air atau es atau dampak raksasa itu tidak cukup besar untuk menguapkan semua air di Bumi.

Karena pentingnya air untuk menopang kehidupan, pertanyaan tentang asal usul air di Bumi bersifat primordial. Tantangan utama dalam menyelidiki pertanyaan ini adalah bahwa Bumi telah kehilangan semua jejak pembentukannya karena ia adalah planet yang aktif.

Melansir nature.com, sebuah tim pemodel numerik dan ahli geokimia yang dipimpin oleh Cédric Gillmann – Université libre de Bruxelles, ULB, telah memutuskan untuk melihat jauh melampaui Bumi, hingga ke Venus, untuk menyelidiki asal-usul air terestrial. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan di Jurnal Nature Geoscience yang tersedia daring di laman www.nature.com.

Sementara Bumi dan Venus dapat dianggap sebagai saudara kembar, evolusi geologis dan iklim masing-masing menyimpang secara dramatis di masa lalu, yang mengarah ke atmosfer 92 bar Venus saat ini yang dipanaskan oleh rumah kaca infernal hingga 470 ° C, menentang kondisi ringan dan hanya 1 bar tekanan di permukaan bumi.

Namun, aktivitas vulkanik dan outgassing Venus berkurang dibandingkan dengan Bumi, karena tidak memiliki lempeng tektonik, tetapi memiliki tutup stagnan sebagai gantinya. Bahkan yang lebih baik, mode konveksi seperti itu menyiratkan sangat sedikit daur ulang spesies yang mudah menguap ke dalam mantel.

Dengan demikian, meskipun inferno, evolusi atmosfer Venus lebih mudah dipahami dan dimodelkan dari waktu geologis. Selain itu, karena kedekatannya, Bumi dan Venus seharusnya menerima jenis materi yang sama selama sejarah mereka. Semua aspek ini bergabung untuk menjadikan Venus tempat yang sempurna untuk mempelajari evolusi primitif planet terestrial.

Menggunakan simulasi numerik dampak berbagai jenis asteroid yang mengandung berbagai jumlah air, tim telah menemukan bahwa asteroid yang kaya air bertabrakan dengan Venus dan melepaskan air mereka sebagai uap tidak dapat menjelaskan komposisi atmosfer Venus seperti yang kita ukur hari ini. Ini berarti bahwa materi asteroid yang datang ke Venus, dan dengan demikian ke Bumi, setelah dampak raksasa pasti sudah kering, karena itu mencegah pengisian Bumi dalam air.

Karena air jelas dapat ditemukan di planet kita hari ini, itu berarti bahwa air yang sekarang kita nikmati di Bumi telah ada sejak pembentukannya, kemungkinan terkubur dalam-dalam di Bumi sehingga dapat bertahan dari dampak raksasa.

Gagasan ini memiliki implikasi yang sangat mendalam dalam hal kelayak hunian Bumi kuno, Venus dan Mars, karena menunjukkan bahwa planet-planet kemungkinan terbentuk dengan anggaran hampir penuh dalam air, dan perlahan-lahan kehilangannya seiring berjalannya waktu.

Karena Mars jauh lebih kecil, kemungkinan kehilangan semua airnya sementara kehidupan berkembang di Bumi. Untuk Venus, hasil-hasil itu menyinari cahaya pelengkap pada karya terbaru yang mengadvokasi bahwa samudera air ada di permukaan planet ini, dan membantu membatasi jumlah air maksimum yang dapat diharapkan di Venus. Mereka juga akan membantu mempersiapkan generasi misi ruang angkasa berikutnya ke Venus.