Tue. Aug 11th, 2020

Ilmuwan Buktikan Virus Corona Bukan Rekayasa

Model Virus SARS CoV 2 (Foto: www.nsf.gov)

Sebuah penelitian terbaru yang telah diterbitkan di jurnal paling bergengsi di dunia yaitu Nature Medicine telah mengungkapkan bahwa virus SARS-CoV-2 atau yang lebih dikenal dengan sebutan virus corona terbentuk secara alami dan bukan hasil rekayasa genetika atau dibuat di laboratorium.

Dijelaskan, seperti dilansir dari laman sciencedaily.com, bahwa para ilmuwan menemukan bahwa spike protein, duri di bagian luar virus corona telah berevolusi untuk secara efektif menargetkan fitur molekuler di bagian luar sel manusia yang disebut ACE2, sebuah reseptor yang terlibat dalam pengaturan tekanan darah.

Protein spike SARS-CoV-2 sangat efektif untuk mengikat sel-sel manusia, bahkan para ilmuwan menyimpulkan itu adalah hasil seleksi alam dan bukan produk rekayasa genetika.

Bukti evolusi alami ini didukung oleh data tentang tulang punggung SARS-CoV-2 – struktur molekul keseluruhannya. Jika seseorang berusaha merekayasa virus corona baru sebagai patogen, mereka akan membuatnya dari tulang punggung virus yang diketahui menyebabkan penyakit.

Tetapi para ilmuwan menemukan bahwa tulang punggung SARS-CoV-2 berbeda secara substansial dengan yang ada pada coronavirus yang sudah dikenal dan kebanyakan menyerupai virus terkait yang ditemukan pada kelelawar dan trenggiling.

Peneliti mengatakan, kedua fitur virus ini, mutasi pada bagian dari spike protein dan tulang punggungnya yang berbeda, mengesampingkan manipulasi laboratorium sebagai potensi asal untuk SARS-CoV-2.

Josie Golding, PhD, pemimpin epidemi di Wellcome Trust yang berbasis di Inggris, mengatakan temuan tersebut sangat penting untuk membawa pandangan berbasis bukti pada rumor yang telah beredar tentang asal-usul virus corona yang menyebabkan COVID-19. “

Golding mengatakan, bahwa para peneliti tersebut telah menyimpulkan bahwa virus corona adalah produk evolusi alami. Mengakhiri spekulasi tentang rekayasa genetika yang disengaja.