Tue. Sep 22nd, 2020

Ilmuwan Ciptakan Nyamuk Mutan, Nyamuk Bisa Punah Dari Muka Bumi

Ilustrasi Nyamuk Mutant (Sumber: Dailymail.co.uk)

Para ilmuwan dari University of California, Riverside telah menciptakan nyamuk transgenik, hasil rekayasa genetik atau nyamuk mutan. Penemuan tersebut dipublikasikan dalam Prosiding National Academy of Sciences (PNAS) seperti dilansir dari laman eurekalert.rog.

Penemuan tersebut bisa jadi merupakan titik baru dari pembahasan panjang mengenai bagaimana jika nyamuk musnah dari muka bumi ini?. Terlepas dari apa dampak yang mungkin timbul jika nyamuk musnah.

Nyamuk, seperti kita ketahui, adalah salah satu vektor utama penyakit menular di seluruh dunia, terutama di daerah tropis. Setiap tahun, bajingan kecil tersebut bertanggung jawab atas 50 sampai 100 juta kasus demam berdarah dan ratusan juta kasus malaria, demam zika, chikungunya, dan banyak lagi penyakit lainnya.

Masalah lainnya, diantara 3.500 spesies nyamuk yang ada, banyak diantaranya yang bahkan sangat tahan terhadap insektisida. Dari banyak penemuan selama ini hanya berupaya mengendalikan populasi nyamuk. Tapi dengan temuan nyamuk mutan, memungkinkan memanipulasi genetik nyamuk dan tujuannya adalah membuat nyamuk merusak dirinya sendiri. Lebih jauh dengan skala yang lebih besar, penemuan tersebut bisa memusnahkan spesies nyamuk dari muka bumi.

Penelitian yang dipimpin oleh Omar Akbari, asisten profesor entomologi di UCR College of Natural and Agricultural Science itu, dilakukan dengan menyisipkan gen lain kedalam nyamuk yang memungkinkan nyamuk tersebut diubah-ubah susunan genetiknya untuk tujuan tertentu. seperti menghambat reproduksinya atau menyebarkan kerusakan genetik tertentu kepada nyamuk lainnya.

Coba kita bayangkan. Jika kemudian nyamuk-nyamuk mutan dengan faktor genetik tertentu dilepasliarkan di tengah populasinya. Maka, misalnya nyamuk mutan yang dilepaskan dimaksudkan untuk menyebarkan gen spesifik yang dapat membuat nyamuk hasil reproduksinya cacat, seperti penglihatannya terganggu, tidak mampu terbang atau kecacatan lainnya. Akibatnya, nyamuk-nyamuk mutan tersebut akan merusak spesiesnya sendiri dan dalam kurun waktu tertentu akan tidak mampu berkembang biak lagi.

Penemuan tersebut, jika bukan nyamuk yang menjadi sasarannya, mungkin sudah dianggap kejahatan. Meski demikian, dari pembahasan panjang sebelumnya, teori memusnahkan nyamuk dari muka bumi juga tetap menimbulkan pro kontra, yang paling populer adalah dampaknya terhadap ekosistem.

Nah, menurut kalian apa nyamuk memang layak dimusnahkan dari muka bumi?