Wed. Nov 18th, 2020

Jangan Percaya Mitos Ketindihan Jin, Sains Bisa Membantumu

Ilustrasi ketindihan (Sumber: scienceoholic.com)

Ketindihan atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah kelumpuhan tidur atau sleep paralysis adalah saat seseorang mengalami kelumpuhan saat tidur walaupun merasa telah memiliki kesadaran penuh atas dirinya. Apakah kamu salah satu orang yang pernah mengalaminya?

Jika iya. Mungkin kamu juga pernah dengar mitos yang paling populer terkait hal tersebut, dikaitkan dengan sesuatu yang mistis, yakni tubuh yang ditindih oleh jin sehingga membuat kita tidak bisa bergerak.

Meski telah banyak penjelasan bahwa hal ini adalah kejadian ilmiah dan tidak ada kaitannya dengan hal-hal mistis, namun tetap saja umumnya masyarakat masih sangat mempercayai mitos tersebut dan rasanya tidak perlu lagi dijelaskan bagaimana sebenarnya ketindihan bisa terjadi.

Kali ini, sains akan membantu bagaimana mengatasi kondisi tersebut. Meski sebenarnya kebanyakan orang tidak terlalu memerlukan perawatan medis untuk kelumpuhan tidur. Kecuali jika memang anda merupakan pengidap narkolepsi atau kram kaki yang memang kerap mengganggu saat tidur. Anda bisa mencoba saran berikut, seperti dilansir laman scienceoholic.com.

1. Mengatur siklus tidur

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelumpuhan tidur adalah memperbaiki kebiasaan tidur anda. Memastikan anda tidur enam sampai delapan jam setiap malam bisa membantu anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Jika anda sulit mendapatkan siklus tidur yang baik, anda mungkin bisa menggunakan obat anti depresan dengan pengawasan dokter untuk membantu mengatur siklus tidur anda.

2. Mengobati masalah mental

Anda bisa mencoba mengobati masalah mental anda yang mungkin menjadi salah satu penyebab kelumpuhan tidur. Anda bisa mengkonsultasikannya ke psikolog.

3. Mengobati narkolepsi

Jika kelumpuhan tidur anda disebabkan karena gangguan tidur seperti narkolepsi atau kram kaki, anda mungkin sebaiknya mengkonsultasikannya ke dokter untuk mengobati narkolepsi anda.

4. Berpikir positif

Cara lainnya, untuk memberikan anda kualitas tidur yang baik. Sudah selayaknya anda mencoba relaksasi sebelum tidur, mengurasi tingkat stres dan mencoba berpikir positif.

5. Mencoba posisi tidur baru

Kemudian terakhir, anda bisa mencoba posisi tidur yang baru. Jika selama ini tidur dengan terlentang, mungkin anda bisa mencoba posisi miring ke kanan yang menurut banyak penelitian merupakan posisi tidur yang baik untuk kesehatan.

Sekali lagi, sudah saatnya anda tidak lagi terlalu khawatir jika anda merupakan salah satu yang mengalami ketindihan. Ini bukanlah kejadian mistis, tidak ada hubungannya dengan jin sama sekali. Anda harus tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *