Mon. Sep 21st, 2020

NASA Temukan 95 Planet Baru Di Luar Tata Surya

Ilustrasi galaksi (Sumber: sci-news.com)

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah menemukan 95 baru di luar tata surya dalam sebuah misi K2 mereka dengan menggunakan teleskop luar angkasa Kepler.

Pada misi awalnya, Kepler hanya mengamati sebagian langin di belahan bumi bagian utara, mengamati frekuensi planet yang ukuran dan suhu mirip dengan planet yang berada di dalam tata surya. Namun pada tahun 2013, kehilangan kemampuan untuk benar-benar dapat melakukan pengamatan hingga sebuah perbaikan dilakukan dan berhasil membuatnya lebih baik.

Setelah diperbaiki, Kepler memulai misi K2 yang dapat bekerja dengan lebih baik dari pengamatan sebelumnya. Mampu mengamati lebih banyak bagian langit dari sebelumnya.

Menurut Andrew Mayo, Ph.D dari National Space Institute di Technical of Denmark mengatakan, studi tersebut memperkuat teori mengenai exoplanet atau planet yang di luar tata surya yang jauh lebih luas dari galaksi yang kita tempati.

Dari temuan tersebut, bahkan ada satu planet yang terdeteksi mengorbit satu bintang yang sangat terang seperti matahari yang mereka namai HD 212657 yang saat ini merupakan bintang paling terang yang dapat diidentifikasi pada misi tersebut.

Penemuan tersebut akan dipublikasikan di Jurnal Astronomi, seperti dilansir laman sci-news.com.