Bukti DNA Baru dari Genom Berusia 2000 Tahun Ini Mengungkap Siapa Orang Jepang?

Indonesains.id - Analisis genetik individu dari periode Yayoi mengungkap pola imigrasi dari Semenanjung Korea.

Peneliti di Universitas Tokyo telah mengungkap bahwa gelombang utama imigran ke Kepulauan Jepang selama periode Yayoi dan Kofun terutama berasal dari Semenanjung Korea. Penemuan ini, yang didasarkan pada analisis genom individu purba, menantang model campuran sebelumnya dan menyempurnakan pemahaman kita tentang leluhur Jepang.

Asal Usul Kuno: Mengungkap Perjalanan Genetik ke Kepulauan Jepang

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Jonghyun Kim dan Jun Ohashi dari Universitas Tokyo telah menemukan bahwa selama periode Yayoi dan Kofun (300 SM hingga 538 M), mayoritas imigran ke Kepulauan Jepang berasal dari Semenanjung Korea.

Bukti DNA Baru dari Genom Berusia 2000 Tahun Ini Mengungkap Siapa Orang Jepang?
Analisis genetika oleh Universitas Tokyo telah menunjukkan Semenanjung Korea sebagai sumber utama migrasi kuno ke Jepang, sekaligus membantah teori sebelumnya tentang asal-usul populasi Jepang selama periode Yayoi dan Kofun. (Kredit: SciTechDaily)

Penelitian mereka menganalisis genom lengkap individu "Yayoi" dan menemukan bahwa, di antara populasi non-Jepang, hasilnya menunjukkan susunan genetik paling mirip dengan populasi Korea.

Meskipun secara luas diterima bahwa populasi Jepang modern memiliki keturunan ganda, penemuan ini memberikan wawasan tentang rincian pola imigrasi ke kepulauan tersebut yang sebelumnya membingungkan para peneliti. Temuan tersebut dipublikasikan pada 15 Oktober 2024 di Journal of Human Genetics.

Isolasi dan Imigrasi: Dari Periode Jomon hingga Yayoi

Saat ini, Jepang merupakan pusat bisnis dan wisata internasional. Namun, hal ini tidak selalu terjadi. Kepulauan Jepang relatif terisolasi selama periode Jomon hingga sekitar 3000 SM. Kemudian, selama periode Yayoi dan Kofun, imigrasi ke pulau-pulau tersebut dari benua Asia dimulai.

Bukti DNA Baru dari Genom Berusia 2000 Tahun Ini Mengungkap Siapa Orang Jepang?
Sisa-sisa manusia dari periode Yayoi, sekitar 2.300 tahun lalu, yang DNA-nya diekstraksi. (Kredit: Kim et al 2024)

“Keturunan yang terkait dengan Asia Timur dan Asia Timur Laut mencakup lebih dari 80% genom nuklir populasi Jepang modern,” jelas Ohashi, peneliti utama studi tersebut. “Namun, bagaimana populasi Jepang memperoleh keturunan genetik ini—yaitu, asal-usul imigrasi—tidak sepenuhnya dipahami.”

Teori Genetik tentang Keturunan Jepang

Berbagai teori telah diajukan untuk menjelaskan keragaman genetik dalam populasi modern. Saat ini, dua teori yang menjadi pesaing adalah model campuran dua arah dan tiga arah. Menurut model dua arah, sumber utama imigrasi adalah sama selama periode Yayoi dan Kofun, sedangkan model tiga arah mengasumsikan dua sumber yang berbeda.

Untuk menyelidiki model mana yang lebih cocok, para peneliti menganalisis genom nuklir lengkap dari seorang individu dari Situs Doigahama, situs arkeologi pemakaman periode Yayoi di prefektur Yamaguchi, Jepang.

Para peneliti membandingkan genom individu periode Yayoi ini dengan genom populasi kuno dan modern di Asia Timur dan Asia Timur Laut. Perbandingan tersebut menunjukkan kemiripan yang dekat dengan individu periode Kofun dengan leluhur yang terkait dengan Jomon, Asia Timur, dan Asia Timur Laut. Namun, perbandingan dengan genom modern juga mengungkapkan bahwa individu Yayoi, kecuali populasi Jepang modern, adalah yang paling dekat dengan populasi Korea modern, yang juga memiliki leluhur yang terkait dengan Asia Timur dan Asia Timur Laut.

Semenanjung Korea Sebagai Sumber Utama Imigrasi

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa antara periode Yayoi dan Kofun, mayoritas imigran ke Kepulauan Jepang berasal terutama dari Semenanjung Korea,” kata Ohashi. “Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa model campuran tiga arah, yang menyatakan bahwa kelompok Asia Timur Laut bermigrasi ke Kepulauan Jepang selama periode Yayoi dan kelompok Asia Timur selama periode Kofun, tidak tepat.”

Bukti DNA Baru dari Genom Berusia 2000 Tahun Ini Mengungkap Siapa Orang Jepang?
Selama periode Yayoi, para imigran dari Semenanjung Korea bercampur dengan orang-orang Jomon, yang menyebabkan terbentuknya populasi leluhur orang Jepang modern. Para imigran ini memiliki garis keturunan genetik yang terkait dengan Asia Timur dan Asia Timur Laut, itulah sebabnya orang Jepang modern memiliki tiga garis keturunan genetik: Jomon, Asia Timur, dan Asia Timur Laut. (Kredit: Kim et al 2024)

Penelitian Masa Depan tentang Genetika Populasi Jepang

Terlepas dari signifikansi temuan ini, Ohashi sudah melihat ke depan.

“Karena penelitian kami telah mengidentifikasi asal-usul utama para imigran, tujuan kami selanjutnya adalah untuk meneliti genom lebih banyak individu Yayoi guna menjelaskan mengapa lebih dari 80% komponen genom populasi Jepang modern berasal dari imigrasi dan bagaimana percampuran antara penduduk asli Asia kontinental dan penduduk asli Jomon berkembang di Kepulauan Jepang.”

1. sy percaya kalau sesuati bangsa tu wujud ia adalah hasil campuran drpd negara yang berdekatan dgn nya juga. mustahil kalau orang jepun ada DNA dari sweeden/viking kann 🤣